Home » » Kausal

Kausal

Hubungan kausal adalah pola penyusunan paragraf dengan menggunakan beberapa fakta yang mempunyai pola hubungan sebab-akibat.

Penalaran yang diperoleh dari gejala-gejala yang saling berhubungan. Hubungan kausal (kausalitas) merupakan perinsip sebab-akibat yang sudah pasti antara segala kejadian, serta bahwa setiap kejadian memperoleh kepastian dan keharusan serta kekhususan-kekhususan eksistensinya dari sesuatu atau berbagai hal lainnya yang mendahuluinya, merupakan hal-hal yang diterima tanpa ragu dan tidak memerlukan sanggahan. Keharusan dan keaslian sistem kausal merupakan bagian dari ilmu-ilmu manusia yang telah dikenal bersama dan tidak diliputi keraguan apapun.


Macam - Macam Hubungan Kausal :  

  1. Paragraf sebab - akibat merupakan sebuah paragraf yang disusun dari beberapa sebab tentang suatu masalah atau kejadian realita dan juga akibat yang akan timbul setelahnya. Dengan kata lain, ketika penulis mencoba menulis jenis paragraf ini, maka ia harus mengemukakan secara jelas faktor faktor dari sisi sebab dan juga akibatnya.
  2. Paragraf akibat - sebab merupakan kebalikan dari paragraf sebab akibat. Bila kalimat awal pada paragraf sebab akibat adalah mengemukakan penyebab terjadinya akibat di kalimat penjelas, maka pada paragraf akibat sebab, sebab merupakan kalimat penjelas dan akibat berada pada awal paragraf.
  3. Paragraf akibat - akibat, suatu penyebab dapat menimbulkan serangkaian akibat. Akibat pertama berubah menjadi sebab yang menimbulkan akibat kedua. Demikian seterusnya hingga timbul beberapa akibat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Bahasa Indonesia 2# - All Rights Reserved
Posting byMeizar Didi Achmadi